Minggu, 24 Mei 2009

BUKU INDUK SISWA

HALLOOO temen2 akhir minggu maren aku ada Tugas Khir buat mata kuliah language program II disini bahasa menggunakan Visual Basic 6.0 bingung juga saat itu mau buat apa...eh setelah aku liat baik2 sama program SWE aku (Sofrware Enginering) aku buat program mini market jadi ada ide buat aja program pendataan buku induk pada prinsipnya program ini hanya bisa menyimpan, mencari dan membuat laporan aja. jadi aku mulai dech mengedit program aku yang mini market . seperti apa programnya ikuti ini terus ya

program ini terdiri dari beberapa form. dan pada program ini terdapat pembagian hak akses antara admin, editing, dan siswa. berikut gambaran formnya
1.Login
Didalam form ini kita diharuskan memasukkan username dan password yang telah dibuat. Username dan password digunakan sebagai alat bantu keamanan dan pembatasan hak akses terhadap program. Setelah memasukkan username dan password maka klik login.

2.Menu Utama
Form ini merupakan form yang pertama kali ditampilkan dan berisi menu-menu yang dapat diakses oleh user. Didalam form ini tersedia menu input yang terdiri dari form data user dan buku indu, menu edit yang berisi form pengajuan edit data dan edit buku induk, menu pencarian yang berisi form pencarian data siswa, menu laporan yang berisi form laporan cetak buku induk dan form cetak pengajuan edit data.

3.Data Pengguna
Form ini berisi tentang kode pengguna, nama, nama user, password, dan status. Setelah memasukkan data user maka admin harus meng klik tombol simpan supaya data siswa yang telah dimasukkan dapat tersimpan, akan tetapi jika nama user atau password telah ada maka akan diberitahu bahwa nama user dan password telah tersedia, sehingga harus membuat nama user dan password baru.

4.Buku Induk Siswa
Form ini berisi hal-hal yang harus di isi oleh siswa yang terdiri dari data pribadi siswa, setelah itu klik simpan

5.Pengajuan Edit data
Form ini berisi tentang nomor induk, nama, alamat, ubah lama dan ubah baru sebagai permohonan untuk perubahan data pada file buku induk.

6.Edit Buku Induk
Form ini digunakan oleh admin untuk mngedit data dan menambah data pada buku induk siswa.

7.Pencarian Data Siswa
Form ini digunakan untuk mencari data siswa akan tetapi form ini hanya mnampilkan sebagian data siswa, sepeprti nomor induk, nama legkap, nama panggilan, alamat, nomor telpon, nama ayah,danalama orangtua.

8.Laporan Buku Induk Siswa
Form ini menampilkan preview hasil buku induk siswa sebelum di cetak

9.Laporan Pengajuan Edit Data Siswa
Form ini menampilkan preview pengajuan edit pada data siswa sebelum di cetak

10.Database Pada SQL Server 2000
Berikut merupakan gambaran susunan database pada SQL Server

gimana sintax ma bentuknya tunggu pada posting berikutnya hehehehehehe


1 komentar: